Dirumah saya berlangganan pay TV satelit Indovision dan Aora Tv, terkadang tiap bulan berat dikantong untuk bayar biaya berlangganan indovision paket Venus 149ribu+ppn jadi 154rb sedangkan Aora tv 59ribu.

Saya harus rela berlangganan pay tv satelit, karena sinyal antena saya kurang stabil jika kena angin apalagi hujan, jadi berlangganan hukumnya wajib.

INDOVISION dan AORA TV di kota saya Jombang lagi gencar-gencarnya promo berlangganan, daripada saya pusing membanding-bandingkan akhirnya saya berlangganan dua sekaligus, satu saya pasang di ruang tengah dan satu lagi dikamar. Prinsip pay tv satu decoder sama dengan satu tv, jadi tidak bisa diparalel semua tv dirumah.

Setelah 6 bulan berlangganan dua tv berlangganan ini terasa banget kelebihan dan kekurangannya. Saya rasa peribahasa ada harga ada kualitas benar-benar terbukti.

INDOVISION



Untuk biaya pemasangan dikenakan 150ribu. Ada 4 paket progam Super Galaxy 249 ribu, Galaxy 179 ribu, Venus 149ribu dan Mars 149ribu. Saya memilih paket Venus seharga 149ribu plus pajak jadi 154ribu.

Promo berlangganan perdana biasanya gratis paket cinema selama 2 bulan, entah karna error atau memang masih promo, paket cinema saya diperpanjang sampai dengan 6 bulan lumayan banget puas nonton film seharian.

Paket cinema adalah kumpulan film-film box office di channel HBO, FOX dan DIVA UNIVERSAL. Kalo mau berlangganan paket ini jadi harus paket basic 154ribu + paket cinema dengan pilihan Cinema 1 (70ribu), Cinema 2 (60ribu), Cinema 3 (100ribu) dan Paket FOX (25ribu).

KELEBIHAN INDOVISION:


Sinyal INDOVISION jernih dan cerah, tidak pernah tuh yang namanya tiba-tiba mati atau signal error meski lagi hujan atau angin kencang.
Channel pilihannya banyak banget, pas untuk semua keluarga.
Progam anak-anak lengkap banget cocok untuk anak saya yang masih batita, ada 6 channel (Vision3 Baby, CBeebies, Disney Junior, Disney, Cartoon Network, Toonami Trial dan Nickelodeon).
Semua paket sudah termasuk channel RCTI dan channel MNC ada 15 ( MNC News, MNC Ent, MNC Life Style, MNC Shop, MNC Music Channel, MNC Muslim, MNC Drama, MNC Fashion, MNC Infotainment, MNC Food, MNC Movie, MNC Bussines, MNC Sport 1, MNC Sport2, MNC Commedy ).
Untuk decoder ke-2 biaya berlangganan diskon 50%.
Website update dan call center respon cepat kalo ada masalah.
Jika lupa bayar maka tagihan akan berhenti, tagihan tidak membengkak berbulan-bulan karena secara otomatis langganan diputus.


KEKURANGAN INDOVISION:


Paket harga basic mahal + pajak.
Ada pinalti kalo kita berhenti berlangganan sebelum 6 bulan.
Informasi tentang Indovision bisa di cek disini

AORA TV


Untuk biaya pemasangan normalnya 150ribu. Waktu itu kebetulan saya ada promo gratis pemasangan jika berlangganan dua bulan di muka. Jadi saya bayar paket asyik 59ribu selama 2 bulan 118ribu free instalasi lumayan banget dan dapet free tambahab paket film senilai 70ribu selama 3 bulan.

Ada 4 paket basic yaitu paket asyik 29 saluran (59ribu), paket cihuy 49 saluran+fox movie premium (99ribu), paket siip 62 saluran (159ribu) dan paket mantap 62 saluran (229ribu). Sedangkan untuk paket tambahan untuk saluran-saluran film dikenankan 70ribu.


KELEBIHAN AORA TV:


Paket dasar murah banget mulai 59ribu s.d 229ribu, sudah termasuk pajak.
Tidak ada pinalti jika kita berhenti berlangganan.
Kualitas gambar cukup.
Biaya pemasangan decoder ke-2 100% (atau tergantung promo, diskon 50% untuk berlangganan decoder ke-2.
KEKURANGAN AORA TV:


Signal mati kalo hujan dan signal error kalo angin kencang.
Gambar tv tidak sejernih dan tidak secerah indovision.
Tidak ada channel RCTI, global dan MNC.
Jika berhenti berlangganan, pengambilan decoder dan peralatan akan dikenakan biaya. Jadi sama aja kita kayak terikat, kalo gak mau kehilangan 150ribu untuk pengambilan peralatan.
Jika kita lupa bayar tagihan maka kita dapat tetap menikmati AORA TV sampai dengan 3 bulan, jika lebih dari 3 bulan belum dibayarkan maka akan ditagih pihak AORA TV plus 150ribu kalo berhenti berlangganan.

Untuk informasi Aora TV cek disini

Meski saya tahu Indovision mahal banget tapi berat banget ninggalin tv satelit ini, ada harga ada kualitas memang masih terbukti, dan Aora Tv saya akui murah banget meski tidak sejernih Indovision namun Aora Tv sudah cukup untuk kualitas gambarnya.